Hallo Marketer, Pernah ngak kawan- kawan promo sana sini tapi yg minat terdapat produk itu sedikit
Bahkan ngak ada respon sama sekali ? Pernah mengalami hal Tersebut
Anda Harus Tahu bahwa market anda tidak membeli itu karena mereka belum kenal dengan anda ?
Memang kedengaran sepele Tapi ini sangat powerfull Masih belum jelas
Saya Ilustrusikan agar Anda Bisa memahaminya ?
Jika anda di hadapkan sama 2 orang yang satu namanya Anis anda kenal baik katakan kawan lama anda dan yang satu namanya Nia dan anda belum mengenalnya keduanya sama menjual produk yang kebetulan anda butuh produk tersebut ?
kawan lama anda Anis menjual 2x lebih mahal sekitar 90rb sedangakan nia menjual 45rb ?
Pertanyaan Anda pilih beli di Anis atau Nia 80% orang beli di Anis Meskipun harganya mahal karena anda mengenal dia, dan Tau Orangnya
Itulah pentingnya anda memahami market dalam Bisnis sehingga anda bisa menjual apapun di waktu yg tepat dan di curigai aneh
Lalu Bagaimana Anda Bisa mengenalkan produk Anda dengan elegant tanpa kesan Aneh & Orang Curiga Pada Anda
#1 Cold Market
Pendekatan kepada Cold Market ini sangat berbeda karena kita harus tahu kebutuhan mereka seperti apa, dan apa masalah mereka ?
Jadi kalau tiba-tiba anda promosi jor-joranan konsumen anda tidak akan peduli meskipun anda kasih barner segede-gede dengan diskon 50% karena belum tahu apa yang anda jual, untuk pendekatannya pada market kita harus memahami yang namanya buyer pesona
Ini merupakan sebuah cara untuk mengintifitasi calon pelanggan anda ?
Apa Kebutuhan mereka ?
Biasanya Ngumpul dimana ?
Aktifitas apa yg mereka Lakukan ?
Karena dalam Cold Market orang {belum kenal produk & belum kenal anda} ketika anda menyingung masalah dasar mereka dan mereka menyiyakannya Anda sudah masuk ke Reptil Buat Otak Reptile Merasa puas sehingga Penawaran anda akan jauh lebih mudah di terima
Anda Bisa mulai Tanyakan Pada Diri Anda ?
Demografi Market ?
– Apakah sudah bekerja dan apa pekerjaannya?
– Apa jenis kelaminnya?
– Berapa umurnya?
– Apa pendidikannya?
– Berapa penghasilan yang dia peroleh?
– Bagaimana statusnya, apakah sudah menikah atau belum?
– Sudah memiliki anak, jika sudah umur berapa?
Jika sudah anda kemudian lanjut ke Tingkah Laku Gambarkan konsumen terbaik Anda dengan membayangkan sesuai pertanyaan berikut.
Karakter Market ?
– Apa hobinya?
– Makanan dan minuman apa yang paling ia sukai?
– Apa yang ia sukai?
– Social media apa saja yang ia gunakan?
– Berapa forum online yang ia ikuti dan apa saja?
Selain itu juga perlu mengetahui kebiasaan cara berbelanjanya dengan menjawab pertanyaan di bawah ini.
Kebiasaan & Pengambilan Keputusan ?
– Bagaimana kebiasaan ia berkomunikasi, melalui telepon, email, atau secara langsung?
– Bagaimana cara ia mengetahui suatu produk? Melalui iklan, saran dari teman, ataukah melalui internet.
– Jika melalui internet, bagaimana cara ia mencari informasi tersebut?
– Apa cara berbelanja yang lebih disukai, secara offline atau online?
Jika Anda bisa Menjawab Pertanyaan di atas selamat anda sudah mengenal seperti apa market anda ?
Selain itu pertanyaan di atas juga merupakan karangka dalam membuat copywriting sehingga anda bisa menengali Costumer lebih dalam
#2 Warm Market
Dalam market Warm ini mereka sudah tahu tentang produk yang anda jual, akan tetapi mereka belum paham betul tentang fungsi dan kegunaannya, maka tugas kita kita perlu mengedukasinya agar mereka bisa paham betul fungsi suatu produk sehingga jika ia di rasa butuh sama produk tersebut
Mereka akan beli karena market ini baru kenal {sudah kenal dan mulai percaya} Makanya saat anda beriklan kemudian ada orang langsung minta rekening biasanya mereka sudah pernah belanja sama orang belum kenal, atau onlineshop yang bertebaran di social media atau anda sudah punya reputasi sebelumnya dengan adanya testimoni
#3 Hot Market
Merupakan Market { sudah pernah beli produk & Percaya Anda} biasanya orang yang masuk dalam daftar friendlist atau kontak wa kita mereka udah pernah tanya sebelumnya / dan ada juga yang sudah melakukan pembelian
Sehingga untuk mengedukasi market disini akan lebih mudah bahkan hardselling dengan sentuhan promo atau keterbatasan mereka langsung sigap makanya tidak heran kalau banyak sekali suhu, mastah membangun sebuah list baik berupa email, maupun telegram, WhatsApp atau group berbagi tujuan membangun kepercayaan konsumen
Dalam membangun Konsumen anda dapat membagi beberapa kategori untuk memudahkan anda dalam follow kedepannya dari mereka hanya chat doang, dan udah tertarik tapi belum ada dana, dan para costumer yg sudah melakukan pembelian
Tujuaannya adalah untuk costumer yang sudah melakukan pembelian mereka kita bisa tawari dengan promosi menarik seperti buka keagenan atau potongan khusus untuk beli sekian pcs/ atau bisa digunakan untuk menjual produk lainnya
Itulah beberapa sharing tentang memahami suhu market, sekarang coba tanyakan pada diri anda, seberapa orang yang masuk hot market, warm market, dan cold market lalu anda bisa buat kategory nya
Jika masih bingung dalam membuat kategori customer anda bisa baca Strategi Jago Jualan WhatsApp Marketing
dan Jangan Lupa anda Buat Buyer pesonanya Tentukan dari Market ya sehingga kedepan saat anda mempromosikan produk, baik produk sendiri maupun orang lain dengan catatan masih related, maka akan lebih mudah
dan Buat yang saat ini Butuh Marketing Kit Anda bisa download di Halaman Gratis yang sudah kami siapkan